::DeLaKeke::

Kenangan Harapan Cinta dan Persahabatan

Kosan sepi...(ditinggal mudik sama penghuninya ..), hujan...,ditambah listrik padam......., Lengkap sudah kesunyian selama 3 jam terakhir tadi.
Selama 3 jam hanya duduk sambil menghayal, ditemani lilin, lilinya satu lagi....., ga bisa ke warung bwt beli lilin lagi...(khan hujan...)


Sepi-sepi gini jadi kebayang waktu di kampung dulu (duluuuu banget) waktu kecil, umur sekitar 4-5 tahunan lah...


Jadi ceritanya di tempatku tuh...listrik belum masuk (gw belum pindah ke kota waktu itu).
Kalu malam cuman ditemani radio transistor yang hanya menerima gelombang AM, RRI doang...,sekarang mah..udah banyak Stasiun Radio, dari yang buat kalangan anak2 sampai Orang tua ada. Itupun pake Baterei yang cuma bisa tahan 4-5 hari doang, setelah itu ganti lagi.

Penerangan waktu itu, kalau ada duit, pake Lampu Srongking (kami menyebutnya gitu..ga tau apa Bhs Indonesianya), lampu yang harus dipompa dulu biar cahayanya terang.


Kalau duit pas2an, pake lampu yang dibuat dari kaleng, di isi minyak tanah dan dibuatin sumbu untuk nyalain apinya. Dulu mah..belum ada lilin...


Mau Nonton Tv juga ga bisa (ga ada listrik ini...) paling kalau ada TV itupun pake Accu (Aki ya..sebutannya..?)atau ga pake Generator. Yang punya TV, bisa dikatakan status ekonominya masuk kelas atas buat ukuran di Kampung gw waktu itu.


Kalaupun mau nonton TV,kayak mau nonton di Bioskop atau Layar tancap, orangnya desak-desakan, TV-nya ukurannya 14 inch, kebayang ga, betapa susahnya nonton dari jarak 10 meter, kalu ga dapat tempat duduk didepan (lha yang punya TV yang duduk didepan koq..)

Siarannya cuman TVRI doang lagi..., setiap acara tetap menarik buat kami, padahal kalau dibanding sekarang..jauh banget program2 acara menarik yang ditawarkan setiap Stasiun TV, soalnya dulu TVRI ga ada saingan sih.., sekarang mau nonton acaranya kayaknya ogah, paling lewat aja.


Tapi mungkin bukan cuman gw aja nih..pasti yang lain juga kayak gitu, ga pernah lirik acara TVRI...Benar ngga..? hehehehe.





Kembali ke-kesunyian tadi....


Jadi semua anak Kostan gw tuh udah pada mudik kekampung masing2, ada yang balik Ke Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, yang jelas gw kesepian sekarang.

Emang berat kalau hidup dirantau...Apalagi Kalau sampai Lebaran tiba...pengen mau nangis aja, ngebayangin Kampung halaman, saudara-saudara, kenangan-kenangan, pokoknya udah bercampur aduk deh yang dipikirin .....


ASU.....(Ah..SUdahlah)..jalanin aja hidup ini....

14 komentar:

kalo di kampungku dulu orang nyebutnya lampu strongking, atau petromax ya bhs indonesianya?

Memang kamu nggak ada rencana mudik Ke?

Emang elo gak mau pulang Ke? kok samaan ma si Tata sih..(kenal Tata gak yah?) lebaran jauh dr keluarga.

Romantis lagi keadaan di kampung yg sepi..gw mah seneng banged kalo di ajak babe gw nembak celeng..trus rumah kita yg di desa pake generator (betul gak ya nybutnya)jd cm sampe jam sekian..trus gelap gulita..babe masang lampu petromax malah di omelin nyak gw, di suruh pake lampu templek aja..kekekekekkkk..trus bunyi jangkrik yg merdu..adduuuuhhh jd kangen deh tuh :(

Loh kok malah cerita neh gw..ihihihhihii..hepi mandei aja deh ya :)

hihi..sama..kemaren mati lampu! jadi kebingungan mo ngapain..!! terlalu tergantung dg listrik..!

Wah ditinggal mudik temans ya, sabar ... sabar!

kak..gak tau kenapa sedih baca postinganmu ini
*ngebayangin kalo lebaran gak pulang*

sedih huhuhu...terbayang sunyinya...kampungnya dimana ? waktu aku masih kecil juga sama. lampu serongkeng

Lho? Emang kaga ada rencana mudik nih?

ya udaaah..lo mudik aja lageee.. :D

hehehe.... endingnya bikin kaget... ah sudahlah... :p

duh ke, perasaan itu namanya lampu setrongking deh....... Persaaan disini orang kampung semua yach... Huuuu...... jadi kangen ma kampung halaman, pengen pulang juga.... huhuhhh.....(maklum orang kampung juga hehe)

ah senangnya punya kampung, saya mah gag punya..

waah...jadi inget kampung yg di Kebumen,suasana lampu srongking (petromaks,man...)...kangeeen...pulang gih Ke....

huee.. sedih..
aku merasakan kerinduan.. *halah*

lagi blogwalking nih btw..

Iya.... apakah ga ada rencana mudik?
Btw kayaknya bener tuh. Skarang kalau TVRI aku cuma nontonin battle of wits doank, itupun jarang sekali. hahaha. padahal TVRI itu salah satu televisi yang punya nilai didik yang tinggi. sayang gak banyak orang tertarik ya.. (termasuk saya :)) )

About this blog

My Profile

Foto saya
Selami hatiku, maka engkau tau siapa diriku
Tapi Engkau tak kan tenggelam karnanya
Diriku hanyalah genangangan yang tak menghanyutkan
Baik Buruk tak perlu kau tanyakan kepadaku
Tapi aku berusaha menunjukannmu
Kata-kata diatas, Kata Kerikil doang yang ga ada artinya

My Status fb

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini