::DeLaKeke::

Kenangan Harapan Cinta dan Persahabatan


Beginilah kerja gw, di ruangan yang penuh beragam ribetnya perangkat yang perlu dimonitor agar komunikasi tetap berjalan lancer.
Selama perangkat ga bandel, selama itu pula gw nyantai….
DIbaelakang gw ini, adalah si AGUS yang bantuin gw, kalo ada trouble.
Ruangan ini namanya BSC, menurut buku dan Diktat Kuliah yang dulu gw pernah baca, istilah ini merupakan Singtkatan dari Base Station Center…ini yang nanti menerima sinyal-sinyal dari BTS (Base Transmition Station) ..itu lho…antena yang ada di tiga sudut di atas Tower, jangan sampe salah ya…, BTS itu bukan Tower…
Trus…kalo Ke BSC lewat mana?
Pernah liat Antena yang orang bilang / liat, modelnya kayak Gendang, Kayak Kuali, kayak Toa…dengan berbagai ukuran?, nah itu namanya Antena Microwave, yang akan nerusin sinyal dari BTS ke BTS yang lain, dan terpusat ke BSC.Selain Microwave tadi bisa juga pake Kabel Serat Optik..(kalo ini kapasitasnya gede banget) kalo diibartakan jalan, inilah jalan tol, apa aja bisa lewat disini. Di BSC juga ada BTS…dan nantinya Setiap BSC juga nanti terpusat di MSC….
Nah dari MSC ini, semua akan di control, mulai dari billing, maupun Jumlah Pulsa kita, terdaftar dimana Kartu kita, udah habis masa aktip, ato dalam masa tenggang….
Intinya, suara maupun SMS kita di terima oleh BTS, diterusin ke BSC, trus ke MSC,kemudian di terusin ke lawan bicara kita, tentunya dari BSC – BTS yang terdekat dengan teman yang di telpon tentunya…, sebenarnya ada proses sebelum kita terhubung sih, ada proses identifikasi, analoginay proses adiministarsi kali ya….
Trus kalo kita nelpon atau SMS dengan sodara yang di Pulau lain, yang terpisah jarak dan lautan lewat mana dong tuh sinyal…?
Nah itu bisa lewat satelit….itu doang? Bisa juga lewat Kabel bawah Laut ( ini apalagi neh…?) namanya juga Kabel Bawah Laut, ni kabel ya….di pasang dibawah laut, modelnya kayak apa? Itu Cuma istila aja, tapi fisiknya Kabel Serat Optik juga….
Udah dulu ya…pusing gw jelasinya…soalnya waktu kuliah bolos mulu..jadi cuman dikit ilmunya……

2 komentar:

Tapi suasana kantornya kayanya seru juga

Selamat bekerja aja ya Ke.......aku baru balik liburan nih....

About this blog

My Profile

Foto saya
Selami hatiku, maka engkau tau siapa diriku
Tapi Engkau tak kan tenggelam karnanya
Diriku hanyalah genangangan yang tak menghanyutkan
Baik Buruk tak perlu kau tanyakan kepadaku
Tapi aku berusaha menunjukannmu
Kata-kata diatas, Kata Kerikil doang yang ga ada artinya

My Status fb

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini